Cara Cek Bansos 600 Ribu BPNT Secara Online 2022

Posted on

Estadosecidades.com-Memasuki tahun 2022 ini pemerintah masih akan tetap memberikan program bantuan kepada masyarakan yang terkena dampak Covid-19.

Mengingat sudah hamoir memasuki tahun ketiga pandemi Covid-19, dan untuk meringankan ekonomi masyarakat, pemerintah setidaknya masih akan memberikan tiga program Bantuan Sosial (Bansos).

Dan tiga bantuan sosil untuk masyarakat yang akan dikeluarkan tahun 2022 ini yakni seperti dibawah ini :

1.Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dan Program Keluarga Harapan (PKH)

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaa (KPM) sebesar Rp.200.000 per bulan.

Sedangkan Untuk Program Keluarga Harapan (KPH) akan menerima bantuan sebesar Rp 3 juta Per tahun dan itu ditinjau dari kreteria keluarga penerima program seperti Ibu Hamil/Remaja.

Kemudian Untuk Keluarga penerima PKH dengan memiliki anak SD mendapat bantuan sebesar Rp 900 Ribu Pertahun, Anak SMP menerima Rp.1.5 Juta Pertahun dan Anak SMA menerima Rp 2 juta Pertahun.

Dan jika dalam Keluarga terdapat keluarga penyandang Disabilitas dan lanjut usia, maka Keluarga Penerima PKH akan diberikan bantuan sebesar Rp 2.4 Juta pertahun.

Sedangkan jika dalam keluarga terdapat 2 orang anak SD maka bantuanun akan berlipat menjadi Rp.1,9 Juta dalam setahun.

2.Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Bantuan Langsung Tunai (BLT) tentunya akan diberikan kepada setiap keluarga sebesar Rp 300.000 selama beberapa bulan.

Dan bantuan Langsung Tunai (BLT) ini akan diberikan dengan menggunakan Dana Desa dan akan dicairkan pada tahun 2022 ini dalam bulan yang ditentukan oleh pemerintah.

3.Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja tentunya akan dirilis kembali ditahun 2022 ini dimana program ini diperuntukan untuk mereka yang belum bekerja atau bagi mereka yang kehiilangan pekerjaan serta Usahanya karana dampak pandemi Covid-19.

Dalam Program ini tentunya para peserta harus mengikuti Ujian atau Tes terlebih dahulu dan bagi mereka yang telah lulus akan mendapatkan Bantuan secara keseluruhan sebesar Rp.3.55 Juta.

Pertama setelah lulus ujian, peserta akan menerima biaya sebesar Rp.1.000.000 untuk membeli paket pelatihan online.

Lalu setelah mereka menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sartifikat kelulusan, akan menerima Rp 600 Ribu selama tiga bulan.

Selanjutnya peserta akan mendapatkan Rp 150 Ribu ketika menyelesaikan 3 Survei.

Cara Cek Bansos BPNT Secara Online 2022

Berhubungan dengan bulan Febuari 2022 yang dimana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan diluncurkan sekaligus untuk Bulan Januari, Febuari Dan Maret sebesar Rp.600.000.

Khusunya untuk masyarakat penerima bantuan tersebut bisa langsung cek Bansos 600 Ribu di Link Cekbansos.kemensos.go.id yang dapat diakses dengan mudah lewat smartphone, dan untuk Cara Ceknya simak langkah – langkah dibawah ini :

  1. Buka Browser atau mesin pencari di Hp dengan ketik cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah masuk halaman situs, pada halaman PENCARIAN DATA PM (Penerima Manfaat) Bansos, silahkan pilih wilayah sesuai KTP
  3. Isi Nama Lengkap Sesuai KTP
  4. Kemudian Isi Kode Captca 8 Huruf, jika tidak jelas bisa meminta kembali
  5. Selanjutnya Klik CARI DATA

Jika data anda keluar sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maka bisa langsung menghubungi RT/RW dan kelurahan.

Penutup

Sekian informasi yang admin bagikan prihal Cara Cek Bansos 600 Ribu BPNT Secara Online 2022, untuk informasi menarik dan terbaru lainya kunjungi estadosecidades.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.